Panduan Penggunaan SI APTIKA KUTIM

Rabu, 26 Februari 2025 10:20 pagi
Ami Arief
Artikel
Views 163

Berikut panduan penggunaan Sistem Informasi Aplikasi Informatika Kutai Timur.

 

Ikhtisar

  • Tujuan
  • Fitur Bawaan
    • Domain
    • Landing Page
    • Otentikasi
  • Layanan Publik
    • Daftar Informasi Publik
    • Pertanyaan dan Jawaban
    • Blog / Artikel
    • Kontak
    • Posisi Pegawai
    • Jadwal PSDTIK
  • Layanan Administrasi
    • Fitur Utama
      • Pengelola Domain dan Aplikasi
      • Pengelola e-Government
      • Pengelola Pengembangan Sumber Daya TIK
    • Fitur Pelengkap
      • Pengelolaan Otoritas Kepala Dinas
      • Pengelolaan Otoritas Sekretaris
      • Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
      • Staf Administrasi
      • Blog dan Media
      • Posisi Pegawai
      • Pengelolaan Profil
      • Pengelolaan FAQ
      • Pengelolaan Pengaduan, Saran, Masukan

 


 

1. Tujuan

Panduan Penggunaan Sistem Informasi Aplikasi Informatika Kutai Timur (SI APTIKA KUTIM) ini bertujuan untuk.
•    sarana literasi digital untuk aktor-aktor yang beririsan dengan tugas dan fungsi Bidang Aplikasi Informatika Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Kutai Timur.

 

2. Fitur Bawaan

2.1 Domain

SI APTIKA KUTIM memiliki mekanisme domain sebagai berikut.

a. domain primer
  • URL: https://aptika-diskominfo.kutaitimurkab.go.id
b. domain sekunder
  • URL: https://aptika-diskominfo.kutaitimurkab.go.id

2.2 Landing Page

Dalam kondisi normal, SI APTIKA KUTIM memiliki landing page saat mengakses URL, dengan fitur sebagai berikut.

  • Header
    • home (“APTIKA”)
    • menu
    • slider
  • tautan menuju layanan (publik / administrasi)
  • footer
    • privasi
    • ketentuan

2.3    Otentikasi

SI APTIKA KUTIM memiliki fitur otentikasi sebagai berikut.

  • register
    • akses URL SI APTIKA KUTIM
    • pilih Layanan Administrasi
    • pada menu, pilih Register
    • masukkan nama, email, password, dan konfirmasi password
    • pilih tombol Register
  • login
    • akses URL SI APTIKA KUTIM
    • pilih Layanan Administrasi
    • masukkan email
    • masukkan password
    • pilih tombol Login

 

3. Layanan Publik

3.1 Daftar Informasi Publik

SI APTIKA KUTIM memiliki fitur Daftar Informasi Publik (DIP) dengan akses sebagai berikut.

  • akses URL SI APTIKA KUTIM
  • pilih Layanan Publik
  • pada bagian DIP, terdapat katalog informasi publik aplikasi informatika yang beririsan dan tersegmentasi dengan nama kelompok kerja atau keseksian pada Diskominfosp Kutim dalam bentuk drop down accordion. Pilih kategori atau segmen informasi publik yang hendak dicari
  • pada baris nama informasi publik yang dicari, pilih tombol Rincian untuk masuk ke laman rincian informasi publik
  • bila ingin unduh dokumen, silahkan login terlebih dahulu, lalu kembali ke laman rincian informasi publik dan pilih tombol Unduh

3.2 Pertanyaan dan Jawaban

SI APTIKA KUTIM memiliki fitur Pertanyaan dan Jawaban dengan akses sebagai berikut.

  • akses URL SI APTIKA KUTIM
  • pilih Layanan Publik
  • pada bagian Pertanyaan dan Jawaban anda dapat melihat-lihat secara manual daftar pertanyaan yang tersedia
  • pada bagian Pertanyaan dan Jawaban, gunakan textfield pencarian untuk mencari baris pertanyaan dan atau jawaban dengan masukan kata kunci pencarian
  • pilih tombol Tanya untuk membuat pertanyaan
  • pilih kategori pertanyaan
  • masukkan pertanyaan dengan ejaan yang disempurnakan
  • pilih tombol Tambahkan
  • anda dapat mencari pertanyaan anda pada bagiian Pertanyaan dan Jawaban

3.3 Blog / Artikel

SI APTIKA KUTIM memiliki fitur Blog / Artikel dengan akses sebagai berikut.

  • akses URL SI APTIKA KUTIM
  • pilih Layanan Publik
  • pada bagian Blog, pilih Artikel
  • pada katalog artikel anda dapat melihat-lihat secara manual daftar artikel yang tersedia
  • bilamana ingin mencari artikel berdasarkan kata kunci, pada textfield pencarian masukkan kata kunci yang diperkirakan menjadi muatan artikel
  • klik artikel untuk melihat rincian
  • untuk menyumbang atau melakukan permintaan tulisan, akses ke laman kontak dan komunikasikan melalui kontak yang sesuai dengan topik yang sesuai dengan bidang urusan atau topik permintaan

3.4 Kontak

SI APTIKA KUTIM memiliki fitur Kontak dengan akses sebagai berikut.

  • akses URL SI APTIKA KUTIM
  • pada menu, pilih Kontak
  • pilih kontak sesuai dengan bidang urusan

3.5 Posisi Pegawai

SI APTIKA KUTIM memiliki fitur Posisi Pegawai dengan akses sebagai berikut.

  • akses URL APTIKA KUTIM
  • pada menu, pilih Posisi Pegawai
  • pegawai akan ditampilkan berdasarkan jabatan

3.6 Jadwal PSDTIK

  • akses URL APTIKA KUTIM
  • pada menu, pilih Jadwal PSDTIK
  • jadwal disortir berdasarkan waktu

 

4. Layanan Administrasi

4.1    Fitur Utama

4.1.1 Pengelola Domain dan Aplikasi

SI APTIKA KUTIM memiliki fitur pengelolaan domain dan aplikasi, adapun uraian sebagai berikut.
Output:

  • daftar domain dan aplikasi cakupan Kabupaten Kutai Timur. Baik domain primer maupun domain sekunder namun aktif digunakan sebagai sarana sistem elektronik Perangkat Daerah.

Pengelolaan Domain

  • lihat daftar domain
    • akses layanan administrasi
    • pada nav-bar, klik: Domain & Aplikasi
    • klik: Daftar Domain
  • lihat rincian domain
    • akses Daftar Domain
    • klik: Rincian
  • daftarkan domain
    • akses Daftar Domain
    • cari domain yang ingin dibuat melalui kolom pencarian (pojok kanan atas tabel)
    • jika domain belum ada, klik: Tambahkan
    • isi form Tambahkan Domain
    • klik: Submit
  • verifikasi domain
    • akses Rincian Domain yang ingin diverifikasi
    • pada bagian bawah laman, klik: Verifikasi
    • ubah form verifikasi domain dengan kondisi terfaktual dan teraktual, isi keterangan
    • klik: Submit
  • sunting domain
    • akses Rincian Domain yang ingin diverifikasi
    • pada bagian bawah laman, klik: Sunting
    • ubah form Sunting Domain dengan kondisi terfaktual dan teraktual
    • klik: Ubah
  • pembaharuan pengguna
    • akses Layanan Administrasi
    • klik: Pembaharuan Pengguna
    • pada baris domain yang ingin dialihkan pengelolanya, klik: Peralihan Pengguna
    • ubah form Peralihan Pengguna sesuai dengan kondisi terfaktual dan teraktual

Pengelolaan Aplikasi

  • lihat daftar aplikasi
    • akses Layanan Administrasi
    • pada nav-bar, klik: Domain & Aplikasi
    • klik: Daftar Aplikasi
  • lihat rincian aplikasi
    • akses Daftar Aplikasi
    • klik: Rincian
  • daftarkan aplikasi
    • akses Daftar Aplikasi
    • cari aplikasi yang ingin didaftarkan melalui kolom pencarian (pojok kanan atas tabel)
    • jika domain belum ada, klik: Tambahkan
    • isi form Tambahkan Aplikasi
    • klik: Submit
  • verifikasi aplikasi
    • akses Rincian Aplikasi yang ingin diverifikasi
    • pada bagian bawah laman, klik: Verifikasi
    • ubah form verifikasi aplikasi dengan kondisi terfaktual dan teraktual, isi keterangan
    • klik: Submit
  • sunting aplikasi
    • (Tidak disematkan fitur sunting aplikasi pada SI APTIKA, aplikasi sifatnya tetap atau bertambah, apabila benar-benar ada perubahan yang perlu dilakukan, maka pengubahan hanya tersedia melalui DBMS, tidak terbuka untuk ownership www-data)
4.1.2 Pengelola e-Government

Pengelola E-Government
Output:

  • daftar kebijakan dan prosedur sistem elektronik cakupan Kabupaten Kutai Timur.

Pengelolaan Kebijakan Sistem Elektronik

  • lihat daftar kebijakan
    • akses Layanan Administrasi
    • pada nav-bar, klik: E-Government
    • klik: Kebijakan
    • klik: Daftar Kebijakan
  • lihat rincian kebijakan
    • akses Daftar Kebijakan
    • klik: Rincian
  • daftarkan kebijakan
    • akses Daftar Kebijakan
    • cari kebijakan yang ingin didaftarkan melalui kolom pencarian (pojok kanan atas tabel)
    • jika kebijakan belum ada, klik: Tambahkan Kebijakan
    • isi form Tambahkan Kebijakan
    • klik: Submit
  • sunting kebijakan
    • (tidak ada fitur sunting dan verifikasi untuk kebijakan dari sisi Sistem Informasi, sifat kebijakan telah valid, tetap atau bertambah)

Pengelolaan Permintaan Kebijakan Sistem Elektronik

  • lihat daftar permintaan kebijakan
    • akses Layanan Administrasi
    • pada nav-bar, klik: E-Government
    • klik: Kebijakan
    • klik: Permintaan Kebijakan
  • lihat rincian permintaan kebijakan
    • akses Daftar Permintaan Kebijakan
    • klik: Rincian
  • daftarkan permintaan kebijakan
    • akses Daftar Permintaan Kebijakan
    • cari permintaan kebijakan yang ingin dibuat melalui kolom pencarian (pojok kanan atas tabel)
    • jika permintaan kebijakan belum ada, klik: Tambahkan Permintaan Kebijakan
    • isi form Tambahkan Permintaan Kebijakan
    • klik: Submit
  • verifikasi permintaan kebijakan
    • akses Rincian Permintaan Kebijakan yang ingin diverifikasi
    • pada bagian bawah laman, klik: Verifikasi
    • ubah form verifikasi permintaan kebijakan dengan kondisi terfaktual dan teraktual, isi keterangan
    • klik: Submit
  • sunting permintaan kebijakan
    • (tidak ada fitur sunting untuk permintaan kebijakan, sifat informasi permintaan kebijakan telah valid, tetap atau bertambah)

Pengelolaan Prosedur Sistem Elektronik

  • lihat daftar permintaan kebijakan
    • akses layanan administrasi
    • pada nav-bar, klik: E-Government
    • klik: Prosedur
    • klik: Daftar Prosedur
  • lihat rincian prosedur
    • akses Daftar Prosedur
    • klik: Rincian
  • daftarkan prosedur
    • akses Daftar Prosedur
    • cari prosedur yang ingin didaftarkan melalui kolom pencarian (pojok kanan atas tabel)
    • jika prosedur belum ada, klik: Tambahkan Prosedur
    • isi form Tambahkan Prosedur
    • klik: Submit
  • sunting permintaan kebijakan
    • (tidak ada fitur sunting untuk prosedur, sifat informasi prosedur telah valid, tetap atau bertambah)

Pengelolaan Permintaan Prosedur Sistem Elektronik

  • lihat daftar permintaan kebijakan
    • akses Layanan Administrasi
    • pada nav-bar, klik: E-Government
    • klik: Prosedur
    • klik: Permintaan Prosedur
  • lihat rincian permintaan prosedur
    • akses Daftar Permintaan Prosedur
    • klik: Rincian
  • daftarkan permintaan prosedur
    • akses Daftar Permintaan Prosedur
    • cari permintaan prosedur yang ingin dibuat melalui kolom pencarian (pojok kanan atas tabel)
    • jika permintaan prosedur belum ada, klik: Tambahkan Permintaan Prosedur
    • isi form Tambahkan Permintaan Prosedur
    • klik: Submit
  • verifikasi permintaan prosedur
    • akses Rincian Permintaan Prosedur yang ingin diverifikasi
    • pada bagian bawah laman, klik: Verifikasi
    • ubah form verifikasi permintaan prosedur dengan kondisi terfaktual dan teraktual, isi keterangan
    • klik: Submit
  • sunting permintaan prosedur
    • (Tidak ada fitur sunting untuk permintaan prosedur, sifat informasi permintaan prosedur telah valid, tetap atau bertambah)
4.1.3 Pengelola Pengembangan Sumber Daya TIK

Output:

  • daftar Program Pengembangan Sumber Daya TIK cakupan bidang APTIKA DISKOMINFO SP KUTIM. Baik program bawaan maupun program pengembangan konvensional.

Pengelolaan Program Pengembangan

  • lihat daftar program pengembangan
    • akses Layanan Administrasi
    • pada nav-bar, klik: Pengembangan SD-TIK
  • lihat rincian program pengembangan
    • akses Daftar Program Pengembangan
    • klik: Rincian
  • daftarkan program pengembangan
    • akses Daftar Program Pengembangan
    • cari Program Pengembangan yang ingin dibuat melalui kolom pencarian (pojok kanan atas tabel)
    • jika Program Pengembangan belum ada, klik: Tambahkan Program
    • isi form Tambahkan Program
    • klik: Submit
  • verifikasi program pengembangan
    • (tidak ada fitur verifikasi untuk program pengembangan. Segala pengubahan dilakukan secara dinamis melalui bagian Sunting)
  • •    sunting program pengembangan
    • akses Rincian Program Pengembangan yang ingin disunting
    • pada bagian bawah laman, klik: Sunting
    • ubah form Sunting Program dengan kondisi terfaktual dan teraktual
    • klik: Submit

Pengelolaan Peserta

  • lihat daftar peserta
    • akses Layanan Administrasi
    • pada nav-bar, klik: Peserta
  • lihat rincian peserta
    • akses Daftar Peserta
    • klik: Rincian
  • daftarkan peserta
    • akses Daftar Peserta
    • cari peserta yang ingin didaftarkan melalui kolom pencarian (pojok kanan atas tabel)
    • jika Peserta belum ada, klik: Tambahkan
    • isi form Tambahkan Peserta
    • klik: Submit
  • verifikasi peserta
    • (verifikasi tamu dilakukan dalam role administrator, bagian MANAJEMEN AKUN - Akun SKPD)
  • sunting peserta
    • akses rincian peserta yang telah didaftarkan
    • klik: Sunting
    • lakukan pengubahan progres
    • klik: Submit

4.2    Fitur Pelengkap

4.2.1 Pengelolaan Otoritas Kepala Dinas

Pengelolaan Kepegawaian

  • lihat daftar sumber daya TIK
    • akses Layanan Administrasi
    • pada nav-bar, klik: Kepala Dinas
  • lihat rincian sumber daya TIK
    • akses Daftar Sumber Daya TIK
    • klik: Rincian
  • verifikasi
    • akses Rincian Sumber Daya TIK
    • klik: Verifikasi
    • isi Form Verifikasi
    • klik: Submit
4.2.2 Pengelolaan Otoritas Sekretaris

Pengelolaan Kepegawaian

  • lihat daftar sumber daya TIK
    • akses layanan administrasi
    • pada nav-bar, klik: Sekretaris
  • lihat rincian sumber daya TIK
    • akses Daftar Sumber Daya TIK
    • klik: Rincian
  • buat rekomendasi
    • akses Rincian Sumber Daya TIK
    • klik: Buat Rekomendasi
    • isi Form Rekomendasi
    • klik: Submit
4.2.3 Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Pengelolaan Informasi

  • lihat daftar informasi
    • akses layanan administrasi
    • pada nav-bar, klik: PPID
  • lihat rincian informasi
    • akses Daftar Informasi
    • klik: Rincian
  • tambahkan informasi
    • akses Daftar Informasi
    • cari infromasi yang ingin dibuat melalui kolom pencarian (pojok kanan atas tabel)
    • jika informasi belum ada, klik: Tambahkan
    • isi form Tambah Informasi
    • klik: Submit
  • sunting informasi
    • (tidak disematkan fitur sunting informasi. Informasi yang dimasukkan telah diperiksa/ telah ditelaah, telah diverifikasi, telah diperbaharui atau telah final, 
  • telah valid/ telah dilegalisir, bersifat tetap atau bertambah)

Pengelolaan Permintaan Informasi

  • lihat daftar permintaan informasi
    • akses layanan administrasi
    • pada nav-bar, klik: PPID
    • klik: Permintaan Informasi
  • lihat rincian permintaan informasi
    • akses Daftar Permintaan Informasi
    • klik: Rincian
  • tambah informasi
    • akses Daftar Permintaan Informasi
    • cari permintaan infromasi yang ingin dibuat melalui kolom pencarian (pojok kanan atas tabel)
    • jika permintaan informasi belum ada, klik: Tambahkan
    • isi form Tambah Permintaan Informasi
    • klik: Submit
  • sunting permintaan informasi
    • (tidak disematkan fitur sunting permintaan informasi. Permintaan informasi yang dimasukkan telah diperiksa / telah ditelaah, telah diverifikasi, telah final, data yang diminta telah diberikan, jika keterangan waktu diberikan dikosongkan, maka berarti permintaan informasi ditolak)
4.2.4 Staf Administrasi

Pengelolaan Akun SKPD

  • lihat daftar akun SKPD
    • akses Layanan Administrasi
    • pada nav-bar, klik: Akun SKPD
  • lihat rincian akun SKPD
    • akses Daftar Akun SKPD
    • klik: Verifikasi
  • verifikasi peserta
    • akses Daftar Akun SKPD
    • pada status akun yang bukan “Terverifikasi”, klik: Verifikasi
    • periksa kelengkapan data yang belum diisi, jika belum ada, pilih status: Penelusuran Validitas, hubungi kontak akun dan kabarkan bahwa data perlu dilengkapi
    • periksa validitas data yang telah terisi dengan pemeriksaan kepada sumber data mengacu, apabila ada data yang tidak valid, pilih status: Tidak Valid. Hubungi akun melalui kontak yang tertera bahwa data tidak valid, perlu dilakukan perubahan
    • apabila data telah terisi dan valid, pilih status: Terverifikasi. Status akan berubah sewaktu-waktu, tepat pada saat ada perubahan yang berhasil dilakukan dari sisi pengguna akun SKPD berkenaan dengan data profilnya
  • sunting akun SKPD
    • (penyuntingan Akun SKPD dapat dilakukan dari sisi Pengguna Akun SKPD, untuk pengubahan, hubungi Pengguna Akun SKPD dan komunikasikan hal-hal yang perlu dilakukan pengubahan
4.2.5 Blog dan Media

Pengelolaan Blog

  • lihat rincian
    • akses layanan administrasi
    • pada nav-bar, klik: Blog
    • klik: Rincian
  • buat artikel
    • akses layanan administrasi
    • pada nav-bar, klik: Blog
    • klik: Tambah Artikel
    • isi form Tambah Ar tikel
    • klik: Submit
  • sunting artikel
    • akses layanan administrasi
    • pada nav-bar, klik: Blog
    • klik: Sunting
    • lakukan pengubahan artikel
    • klik: Submit
  • hapus artikel
    • akses layanan administrasi
    • pada nav-bar, klik: Blog
    • klik: Hapus
    • konfirmasi hapus artikel

Pengelolaan Media

  • lihat rincian
    • akses layanan administrasi
    • pada nav-bar, klik: Media
    • klik: Rincian
  • tambah file
    • akses layanan administrasi
    • pada nav-bar, klik: Media
    • klik: Tambah Media
    • klik: Unggah/ Choose File/ No File Choosen
    • pilih file untuk di unggah, klik: Open; atau klik ganda
    • klik: Submit
4.2.6 Posisi Pegawai
  • lihat posisi pegawai
    • akses Layanan Publik
    • pada menu, pilih Posisi Pegawai
  • sunting posisi pegawai
    • akses Layanan Administrasi
    • dengan login session aktif, akses Layanan Publik
    • pada menu, pilih Posisi Pegawai
    • pada kolom Aksi, pilih Edit
    • sunting textfield pada baris Posisi dengan informasi posisi atau aktivitas terakhir pegawai
    • pilih Perbaharui
4.2.7 Pengelolaan Profil

Panduan Pengelolaan Profil

  • lihat rincian profil
    • akses Layanan Administrasi
    • pada nav-bar, klik: Profil Saya
  • sunting profil
    • akses Rincian Profil
    • klik: Sunting
    • lengkapi atau sunting form Sunting Profil Saya sesuai dengan kondisi terfaktual dan teraktual
    • klik: Ubah
  • verifikasi (staf administrasi)
    • akses Layanan Administrasi
    • klik: Akun SKPD
    • pada baris pengguna yang ingin dilakukan verifikasi, klik: Verifikasi
    • muncul laman Verfikasi Pengguna. Apabila dalam kondisi teraktual status tidak sama dengan Terverifikasi, lakukan audit data satu persatu, pastikan data yang diisi sesuai dengan data terfaktual dan data teraktual, contoh: audit data nama, hubungi nomor telepon resmi perangkat daerah yang diklaim oleh akun dengan nama tertera, tanyakan apakah benar nama sebagaimana tertera, merupakan pegawai pada Unit Kerja yang diklaim, bila benar, maka lanjutkan audit data lainnya, hingga semua baris data yang diisi oleh pengguna akun, lengkap dan benar.
    • bilamana audit telah penuh dan input data benar, maka ubah status menjadi: Terverifikasi
    • klik: Submit
    • sunting data identitas diri dan profil merupakan wewenang dari pemilik informasi identitas diri dan profil, pengubahan hanya dapat dilakukan dari akun pemilik identitas diri dan profil, apabila diperlukan pengubahan, hubungi pemilik data identitas diri dan profil
4.2.8 Pengelolaan FAQ

Pengelolaan FAQ

  • lihat daftar pertanyaan
    • akses layanan administrasi
    • Pada nav-bar, klik: Daftar Pertanyaan
  • lihat rincian pertanyaan
    • akses Daftar Pertanyaan
    • klik: Rincian
  • tambahkan pertanyaan
    • akses Daftar Pertanyaan
    • cari pertanyaan yang ingin dibuat melalui kolom pencarian (pojok kanan atas tabel) atau lihat pertanyaan yang telah ditanyakanjika pertanyaan yang ingin ditanyakan belum ada, klik: Tambahkan
    • isi form Tambahkan Pertanyaan
    • klik: Tambahkan
  • jawab pertanyaan
    • akses Rincian Pertanyaan yang ingin jawab
    • pada bagian bawah laman, klik: Jawab
    • isi atau sunting bagian jawaban
    • klik: Submit. Bilamana isi jawaban ada pembaharuan melalui sistem informasi, maka status akan otomatis berubah menjadi “Belum Diverifikasi”, verifikasi ada dalam proses moderasi oleh verifikator.
  • verifikasi pertanyaan
    • akses Rincian Pertanyaan yang ingin diverifikasi
    • pada bagian bawah laman, klik: Verifikasi
    • ubah form Verifikasi FAQ dengan kondisi terfaktual dan teraktual, isi keterangan
    • bilamana jawaban telah diuji dan terbukti benar, klik: Submit
  • sunting pertanyaan dan jawaban
    • (pertanyaan tidak dapat disunting dari sisi sistem informasi. Pertanyaan sifatnya tetap atau bertambah. Pengubahan dari sistem informasi dapat dilakukan dengan penggantian jawaban, status, dan keterangan verifikator)
4.2.9 Pengelolaan Pengaduan, Saran, Masukan

Pengelolaan Pengaduan, Saran, Masukan

  • lihat daftar pengaduan, saran, masukan
    • akses Layanan Administrasi
    • pada nav-bar, klik: Daftar Pertanyaan
  • lihat rincian pengaduan, saran, masukan
    • akses Daftar Pengaduan, Saran, Masukan
    • klik: Rincian
  • tambahkan pengaduan, saran, masukan
    • akses Daftar Pengaduan, Saran, Masukan
    • cari Pengaduan, Saran, Masukan yang ingin dibuat melalui kolom pencarian (pojok kanan atas tabel) atau lihat Pengaduan, Saran, Masukan yang telah ditanyakan
    • jika Pengaduan, Saran, Masukan yang ingin ditanyakan belum ada, klik: Tambahkan
    • isi form Tambahkan Pengaduan, Saran, Masukan
    • klik: Tambahkan
  • respon pengaduan, saran, masukan
    • akses Rincian Pengaduan, Saran, Masukan yang ingin jawab
    • pada bagian bawah laman, klik: Jawab
    • isi atau sunting bagian Respon
    • klik: Submit. Bilamana isi respon ada pembaharuan melalui sistem informasi, maka status akan otomatis berubah menjadi “Belum Diverifikasi”, verifikasi ada dalam proses moderasi oleh verifikator.
  • verifikasi pengaduan, saran, masukan
    • akses Rincian Pengaduan, Saran, Masukan yang ingin diverifikasi
    • pada bagian bawah laman, klik: Verifikasi
    • ubah form Verifikasi Pengaduan, Saran, Masukan dengan kondisi terfaktual dan teraktual, isi keterangan
    • bilamana respon telah diuji dan terbukti benar, klik: Submit
  • sunting pengaduan, saran, masukan
    • (Pengaduan, Saran, Masukan tidak dapat disunting dari sisi sistem informasi. Pengaduan, Saran, Masukan sifatnya tetap atau bertambah. Pengubahan dari sistem informasi dapat dilakukan dengan penggantian respon, status, dan keterangan verifikator)
Tags:
panduan penggunaan sistem informasi aplikasi informatika kutai timur layanan publik administrasi